Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Jitu Cara Membatasi Routing di Komputer

Tutorial Online


Untuk para network administrator di suatu perusahaan kadang perlu menerapkan suatu pembatasan routing di komputer user windows supaya tidak bisa akses ke suatu website atau IP address.
Kebutuhan pembatasan routing tersebut misalnya ada suatu kantor cabang yang memakai link internet untuk akses aplikasi web di perusahaan tersebut tapi sering kali user memakai akses internet yang ada di kantor cabang tersebut untuk akses website lain yang tidak ada kaitannya dengan perusahaan misalnya akses ke youtube.com. 

Dengan user akses ke website lain yang tidak ada kaitannya dengan perusahaan maka link internet yang dipasang menjadi terpakai bandwith-nya sehingga user lain di kantor cabang tersebut yang akan akses ke aplikasi web perusahaan menjadi terganggu karena akses internet menjadi lambat.
Ada banyak cara bisa diterapkan oleh networ administrator untuk mengatasi hal tersebut. Umumnya network administrator akan membeli software firewall yang mahal yang hanya dipakai untuk membatasi akses user ke website-website lain. Tentunya hal ini akan mengeluarkan biaya yang besar.

Nah ada satu cara sederhana untuk memenuhi kebutuhan tersebut yaitu dengan memodifikasi routing table yang ada di komputer user.

Caranya sebagai berikut:
1. Login sebagai user administrator di windows (bisa windows XP, win 7, win 10)
1. Tekan tombol yang ada icon windows + R nanti akan muncul menu "Run"
2. Ketik di kolom open: "cmd" atau "command" dan tekan enter. Berikutnya akan muncul jendela DOS prompt.
3. Untuk memeriksa routing table yang ada di komputer tersebut dengan ketik: "route print" dan tekan enter

4. Maka akan muncul routing table seperti gambar dibawah ini:



5. Perhatikan bagian yang ada kotak kuningnya. Dibagian tersebut ada default route yang muncul karena kita mengisi default gateway di kolom isian IP address waktu kita melakukan setting network komputer tersebut.

6. Untuk membatasi supaya user di komputer tidak bisa akses ke website-website lain yang tidak ada kaitannya dengan bisnis perusahaan maka default route tersebut harus kita hapus. Untuk menghapusnya bisa dengan tidak mengisi IP address default gateway di properties setting network atau bisa dengan mengetikan perintah sebagai berikut: "route delete 0.0.0.0" dan tekan enter. Setelah itu kalau kita ketik lagi perintah "route print" maka default route tadi akan hilang.



Pada saat tidak ada default route maka komputer tersebut tidak bisa konek ke website-website lain di internet. Komputer-nya hanya bisa konek ke komputer lain dalam satu subnet dengan komputer tersebut.

7. Untuk mengatur komputer tersebut bisa akses ke server aplikasi web perusahaan maka tinggal diketikan perintah sebagai berikut:
"route add 192.168.200.10 mask 255.255.255.255 192.168.191.2"

Catatan:
Dalam perintah diatas diasumsikan:
- IP address 192.168.200.10 adalah IP address server aplikasi web perusahaan yang harus diakses oleh user.
- IP address 192.168.191.2 adalah default gateway di network dimana komputer tersebut tersambung.

8. Kalau kita lihat lagi routing table-nya maka akan tampak seperti gambar dibawah:



Dengan kondisi diatas maka komputer tidak bisa akses ke website atau IP address lain dan hanya bisa akses ke server aplikasi web dengan IP address 192.168.200.10.

Kalau kita jalankan perintah route add seperti diatas maka pada waktu komputer restart, static route yang kita tambahkan tadi akan hilang.
Supaya static route tadi tidak hilang waktu komputer-nya dimatikan maka ditambahkan parameter persistent pada perintah tadi sehingga menjadi:

"route add 192.168.200.10 -p mask 255.255.255.255 192.168.191.2"

Dan kalau kita lihat routing table-nya maka ada tambahan di bagian persistent route-nya seperti berikut:



Semoga tips sederhana ini bisa membantu para network administrator dalam mengatur network.







Posting Komentar untuk "Tips Jitu Cara Membatasi Routing di Komputer"