Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Dapat Hosting Gratis - Komputasi di Awan (Cloud Computing)

Tutorial Google Cloud

Dunia IT saat ini terus melaju dengan pesat. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya produk teknologi baru baik berupa software dan hardware yang diterapkan sehari-hari.
Semua itu tentunya akan meningkatkan kontribusi IT terhadap kemajuan bisnis perusahaan dan disisi lain juga memberikan tambahan kemudahan bagi administrator network dalam menjalankan IT operasional sehari-harinya.
Salah satu teknologi baru yang akan penulis bahas disini adalah komputasi di awan (cloud computing).
Untuk memberikan gambaran yang mudah dipahami serta mudah dicoba oleh pembaca maka disini penulis akan memakai Google cloud. Penulis akan memakai cloud.google.com untuk pembahasan lebih detil.
Untuk bisa memakai Google cloud maka pembaca harus punya Google account terlebih dahulu tentunya. Disini tidak akan dijelaskan bagaimana mendapatkan Google account karena hal itu bisa dipelajari dengan mudah dari website Google.com.
Setelah punya Google account maka silakan logon dulu ke www.gmail.com atau bisa juga langsung ke cloud.google.com seperti tampilan dibawah ini.


Setelah sudah sign in maka kita bisa klik menu "Try It Free" yang membawa kita ke layar berikut:







Dari situ kita bisa memanfaatkan masa trial 12 bulan dengan dibekali juga kredit $ 300 yang nantinya bisa kita pakai untuk memilih spesifkasi hardware untuk server kita. Dalam proses registrasi trial Google Cloud Platform meminta kita memasukkan nomor kartu kredit atau bisa juga kartu Jenius dari bank BTPN meskipun nantinya kalau masa trial selesai tidak akan ada tagihan pemakaian cloud Google ke kartu kredit  kalau kita meng cancel waktu ada pemberitahuan masa trial akan habis.
Setelah kita isi lengkap data-data yang diminta berikutnya kita klik "Accept and start free trial" yang ada dibagian bawah. Kemudian kita akan mendapatkan layar seperti dibawah.




Kemudian klik "GOT IT", setelah itu kalau kita klik "Tour The Console" maka Google akan menunjukkan beberapa fungsi utama yang ada di console cloud Google sebagai berikut:





Berikutnya kita akan mempunyai project pertama kita yang tampilannya sebagai berikut:




Kemudian kita bisa klik "Continue" yang ada di bar sebelah kanan untuk memulai membuat virtual machine (VM).
Proses membuat VM ini akan butuh waktu sekitar 5 - 10 menit tergantung koneksi dan load server.
Kalau diperiksa dibagian notifikasi akan muncul keterangan proses pembuatan VM masih berjalan seperti berikut:




Kalau proses persiapan VM atau Compute Engine sudah selesai maka tampilan di kolom notifikasi akan menjadi seperti berikut:




Setelah itu barulah kita tentukan spesifikasi server yang akan kita pakai, mulai lokasi server, jumlah CPU, RAM, OS, harddisk dan akses firewall-nya. Tapi karena yang akan kita pakai ada trial version maka fitur-fitur yang bisa kita pakai sangat terbatas.
Berikut langkah-langkah selanjutnya untuk merancang spesifikasi server VM-nya.

Tampilan di console dan klik project yang pertama:



Pilihan lokasi VM di network Google:



Pilihan CPU dan RAM. Untuk tahap awal ini karena untuk instal aplikasi yang ringan maka cukup pilih yang paling rendah saja. Nanti kalau sudah lebih paham bisa memilih CPU dan RAM kalau ingin instal aplikasi yang lebih berat:



Beberapa pilihan OS (Operating System) yang tersedia adalah sebagai berikut (untuk kali ini kita pilih Linux sedangkan versinya mungkin sudah berbeda dengan saat artikel ini dibuat)







Settingan firewall untuk mengijinkan user internet akses dengan http dan https ke VM yang kita buat:



Setelah semua spesifikasi diatas sudah dipilih maka berikut-nya klik tombol "Create":



Setelah proses pembuatan VM dengan spesifikasi yang kita tentukan selesai maka dari konsol cloud Google kita bisa periksa external IP address server VM kita. Dalam contoh dibawah, external IP yang penulis buat adalah 104.197.108.26.



Berikut kita bisa test untuk masuk ke server VM dan karena untuk contoh disini penulis memakai OS Debian maka akan di test dengan konek SSH ke server tersebut.
Setelah di klik tombol konek SSH maka akan muncul gambar sebagai berikut:



Kemudian penulis coba jalankan beberapa perintah seperti contoh dibawah:



Sampai tahap ini maka kita sudah punya server di awan dan siap untuk dipakai dalam publish aplikasi atau hal yang lain.
Silakan ikuti topik lainnya dalam blog penulis untuk contoh memanfaatkan VM sebagai web server.




Posting Komentar untuk "Cara Dapat Hosting Gratis - Komputasi di Awan (Cloud Computing)"