Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bisnis Online, Bisnis Rumahan, Bisnis Yang Menguntungkan


Di jaman serba internet sekarang ini banyak sekali bisnis baru yang tumbuh. Salah satu dari bisnis baru itu adalah bisnis online. Mungkin belum semua paham dengan maksud bisnis online. Ada yang bertanya juga apa bedanya dengan bisnis konvensional yang selama ini sudah berjalan dari jaman dulu. Hal itu sangat wajar mengingat kalau kita melihat disekitar kita masih banyak yang berbisnis dalam bentuk jualan barang maupun jasa yang masih memakai cara-cara lama misalnya dengan membuka lapak atau toko di pinggir jalan yang ramai dan memasang spanduk atau papan reklame yang besar untuk memperkenalkan barang atau jasa yang dijual. Mungkin ada yang bertanya, apakah ada yang salah dengan cara-cara konvensional seperti itu. Tentu cara-cara seperti itu tidaklah salah hanya hasilnya mungkin biasa-biasa saja dalam arti pembeli yang datang kebanyakan adalah orang-orang yang melihat papan reklamenya yang artinya mereka tinggal tidak jauh-jauh dari lokasi toko dan papan reklamenya. Hal ini berbeda dengan bisnis online. Karena namanya adalah bisnis online maka dalam menjalankan bisnisnya memanfaatkan fasilitas online.



Apa yang dimaksud fasilitas online itu ? Penjelasan teknisnya panjang tapi secara singkat fasilitas online itu adalah fasilitas yang sudah bisa konek internet. Nah internet ini kata kuncinya karena begitu bisnis yang dijalankan sudah tersambung ke internet maka pembeli yang tertarik bisa berasal dari mana saja karena koneksi internet sudah menghubungkan orang-orang yang tinggal di negara-negara yang sangat jauh.
Bagaimana ? Apakah mulai menangkap garis merahnya ?
Dari penjelasan bisnis online diatas sudah terlihat satu perbedaan penting dibandingkan dengan bisnis konvesional yaitu pembeli yang datang sudah bukan lagi hanya orang-orang yang melihat papan reklame toko yang dipasang tapi pembeli yang datang bisa berasal dari negara-negara yang sangat jauh letaknya dari lokasi toko kita. Ini dengan catatan bisnis online yang dijalankan juga sudah memasang papan reklame secara online di internet. Dengan adanya pembeli yang membeli dagangan bisnis online dari berbagai negara maka sudah terlihat perbedaan hasilnya dibanding bisnis konvensional, dimana jumlah pembeli akan datang jauh lebih banyak dibanding bisnis konvensional.

Berikutnya ada yang mengatakan bisnis online tanpa modal, nah kalimat tersebut sebenarnya kurang tepat. Namanya saja bisnis online artinya harus ada modal untuk bisa online. Modal untuk bisa online itu bisa berupa handphone atau modem atau langganan internet kabel di rumah dan tentunya itu semua perlu modal untuk beli handphone, untuk bayar paket internet maupun untuk bayar langganan internet kabel dirumah. Jadi yang mengatakan bisnis online tanpa modal berarti belum mengerti sepenuhnya artinya. Memang kalau dibandingkan dengan bisnis konvesional yang perlu punya toko atau bayar sewa ruko dan pasang papan reklame maka modal untuk memulai bisnis online tidaklah sebesar bisnis konvensional tapi tetap perlu modal juga. Dari uraian diatas bisa ditangkap bahwa bisnis online itu bisa dilakukan dimana saja asal ada koneksi internet sehingga kemudian muncul istilah bisnis online itu bisnis rumahan atau bisnis modal kecil. Ada juga yang mengatakan bisnis online itu bisnis sampingan. Sebenarnya yang namanya bisnis, apapun bentuknya baik itu bisnis konvensional maupun bisa online harus dijalankan dengan sungguh-sungguh. Kalau mau menjalankan bisnis online secara sampingan memang bisa juga hanya hasilnya pun juga tidak sebesar orang yang menjalankan bisnis online secara sungguh-sungguh.


Mungkin ada yang bertanya apakah kalau bisnis konvesional saya jadikan bisnis online apakah akan otomatis mendapatkan pembeli yang banyak. Jawabannya "iya" kalau menjadikan bisnisnya menjadi bisnis online-nya 10 tahun yang lalu dimana saat itu masih sangat sedikit orang yang menjual barang secara online. Di jaman sekarang sudah sangat banyak juga orang yang membuka bisnis online sehingga persainganpun juga sangat ketat kecuali yang dijual adalah barang atau jasa yang belum ada sama sekali penjual lainnya secara online. Sekarang apapun barangnya sudah ada yang jual secara online mulai dari pernak-pernih asesori pakaian sampai sepeda motor maupun mobil. Jadi kalau mau membuka bisnis online pun harus sungguh-sungguh supaya bisa memenangkan persaingan usaha dengan pebisnis online lainnya. Dari awal uraian ini penulis hanya memakai istilah bisnis online saja supaya memudahkan pemahaman buat yang baru belajar bisnis online. Sampai disini semoga sudah mengerti bahwa bisnis online adalah bisnis yang dibantu dengan fasilitas koneksi internet. Nah berikutnya apa saja yang termasuk bisnis online itu ? Jawabannya adalah banyak, banyak sekali. Dan apakah semua bisnis konvensional bisa dibuat online ? Apakah meng-online-kan bisnisnya seluruhnya atau sebagian ? Masih banyak yang bisa dipelajari dari istilah bisnis online tapi untuk kali ini cukup segini dulu supaya pemahamannya bisa dimengerti dengan baik.
Ibarat tanaman dalam pot yang berisi tanah maka kalau menyiram air harus yang pas supaya air bisa diserap dengan baik, karena kalau berlebihan maka airnya akan tumpah.

Nanti akan penulis lanjutkan di seri artikel bisnis online bagian ke dua.

Posting Komentar untuk "Bisnis Online, Bisnis Rumahan, Bisnis Yang Menguntungkan"